Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

CONAN a.k.a SHINICI ,SHERLOCK HOLMES DARI JEPANG

 
Bagi Anda penyuka kisah serial detektif, tentu sudah tidak asing lagi dengan Manga asal Jepang ini, Detektif Conan. Serial manga yang ini dibuat oleh Gosho Aoyama ini telah dipublikasikan sejak tahun 1994 dalam majalah mingguan Shonen Sunday yang terbit di Jepang.


Komik detektif conan diawali dengan cerita tentang seorang detektif yang masik duduk di bangku SMU, Shinichi Kudo. Ia sering membantu polisi untuk memecahkan kasus, hingga suatu saat ia diserang oleh dua anggota sindikat misterius yang kemudian meracuninya. Namun, kedua anggota sindikat ini tidak menyadari efek racun tersebut, ternyata Shinichi tidak mati dan justru berubah menjadi kecil kembali seperti anak usia tujuh tahun.
Profesor Agasa, tetangga sekaligus teman keluarganya menyarankan shinichi untuk menyembunyikan identitasnya untuk menghindari sindikat yang ingin membunuhnya. Shinichi pun akhirnya menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa.
Untuk menelusuri jejak sindikat misterius, conan pun tinggal di rumah seorang detektif swasta yang sekaligus ayah dari temannya, Ran Mouri. Meskipun dalam tubuh yang mengecil, shinichi tetap memecahkan kasus.
Dalam memecahkan kasus dan juga menelusuri jejak sindikat misterius, Shinichi dibantu oleh penemuan-penemuan Profesor Agasa. Ia pun masuk kembali ke sekolah dasar dan berteman dengan anak-anak berumur tujuh tahun demi menyamarkan identitasnya. Petualangan shinichi sebagai detektif conan pun dimulai, ia memecahkan berbagai macam kasus.
Menurut pengarangnya, Gosho Aoyama, kasus-kasus dalam buku detektif conan ini banyak terinspirasi dari Arsene Lupin, Sherlock Holmes dan film samurai karya Akira Kurosawa. Untuk membuat kisah ini, Gosho mengaku bahwa ia mengambil rata-rata 4 jam untuk menghubungkan sebuah cerita bersama, dan 12 jam untuk kasus yang sulit.
Serial detektif Conan menjadi hits di Jepang pada tahun 1996 hingga tahun 2000, di mana peringkatnya turun menjadi 20 besar. Cerita ini juga telah diadaptasi ke dalam serial animasi TV yang diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation Jepang.
Selain dibuat dalam bentuk serial TV, cerita ini juga telah diadaptasikan dalam bentuk animasi video asli (OVA), drama TV, spesial TV, film tuturan, permainan video, dan berbagai bentuk barang yang berkaitan dengan tokoh Detektif Conan.
Serial ini juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Namun, di Amerika utara, detektif conan terbit dengan judul 'case closed'. Hal ini disebabkan terdapatnya konflik hak cipta dengan nama detective conan.

Seiring dengan kesuksesan serial komik detektif conan di berbagai belahan dunia ini, patung Shinichi Kudo, Conan Edogawa dan Ran Mouri sudah terdapat di Hokuei, Prefektur Tottori, Jepang, kota kelahiran Gōshō Aoyama, pengarang Detektif Conan.

0 komentar:

Posting Komentar