Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

COLOURING MANGA


step finishing

hyaaahooo minna-san..
o-genki desu ka ?
kembali lagi nih aku.. :D
kali ini aku akan sedikit menerangkan cara pewarnaan gambar manga dengan pensil warna.
Disini aku juga memberikan step-step sebelum pewarnaan.
Walaupun, mungkin banyak diantara kalian yang memilih mempelajari teknik pewarnaan di komputer tapi, tidak ada salahnya juga mempelajari teknik pewarnaan manual ini, lagipula masa gambar di buku gambar atau skecth book polosan gitu saja alias tidak ada warnanya. Hhehe..
Nah, untuk yang mau tau silakan cek step-step di bawah ini ya... J


step 1
step 1
sketsa awal di buat dengan pinsil mekanik (garis-garis awal gambar)

step 2
step 2
sketsa yang tadi di gambar dengan pensil, ditebalkan dengan drawing pen (0.3 untuk badan dan pakaiannya, 0.2 untuk garis-garis rambutnya, dan 0.1 untuk detail rambut, mata, hidung dan mulut), kemudian sisa-sisa sketsa pensil dihapus (agar tidak terlihat bayangan sketsanya)
step 3
step 3
pewarnaan diawalai dengan bagian skin/kulit menggunakan pensil warna warna krem.
mulanya warnai dengan warna yang tipis di setiap bagian skin/kulitnya, kemudian tentukan dari mana arah cahaya datang untuk menentukan jatuhnya bayangan pada gambar. bayangan di warna dengan warna yang sama (krem) hanya saja penekanan tebal warna di perkuat sehingga menampilkan efek bayangannya.
step 4
step 4
cara pewarnaan sama saja dengan cara perwarnaan pada skin/kulit yang ada pada step 3..
tentukan awal mula arah sinar dan pengkombinasian tebal tipis warna yang digunakan.
pada rembut kita bisa menggunakan dua warna yang senada (misal biru tua dan biru muda) untuk memperkuat penekanan warna dan bayangan pada rambutnya.
(untuk rambut kita bebas mau menggunakan warna apa saja, tinggal bagaimana permainan warna dan efek cahaya yang digunakan).
step 5
step 5
kali ini kita mulai mewarnai bagian pakaian dan detail wajah (mata).
untuk pakaian kita bebas jika mau menggunakan berbagai macam warna maupun pola, semuanya kembali pada permainan bagaimana kita menentukan jatuhnya bayangan.. namun aku menggunakan efek beta (pewarnaan hitam pada pakaian secara menyeluruh, dan hanya menimbulkan efek garis dan lipatan dari gambar yang tidak di warna/putih)
untuk topi juga sama, kita bebas berkreasi sesuka hati..
dan untuk mata kita harus memperhatikan efek/feels cahaya yang keluar dari mata karakter, disini harus benar-benar di perhatikan, karena pada mata inilah pencerminan karakter gambar terpancar sangat kuat..
disini aku menggunakan warna yang senada dengan rambut (tapi kalau mau beda dengan warna rambut juga boleh)..
mulanya aku beri wana biru tua pada pupil mata dan pinggiran mata dengan tegas, lalu semakin ke tengah, warna biru tuanya makin lama makin aku tipiskan dan kemudian aku padukan dengan warna biru muda (sebisa mungkin di buat warna monokromatik birunya saling berpadu sempurnya), lalu pada efek cahaya matanya bagian yang di warna tadi aku hapus sehingga menimbulkan efek cahaya pada mata karakter.
step finishing

step finishing

nah ini gambar yang sudah jadi, hanya saja aku menambahkan karakter lagi di belakang karakter yang aku buat (step-stepnya sama saja loh) sebagai background..
ya.. kira-kira begitulah yang dapat aku jelaskan pada pembuatan gambar di atas..
bila masih berasa kurang jelas/punya pendapat boleh kita saling sharing, supaya saling bisa belajar (karena aku masih harus banyak belajar lagi).. hehehe..
kalau begitu sampai jumpa di postingan selanjutnya ya..
adios… sumber

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ini di kertas atau pc? gambarnya bagus,lho...... ToT

aku jadi iri

Unknown (Admin) mengatakan...

imut banget

Posting Komentar