Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TUTORIAL MENGGAMBAR DENGAN MANGA STUDIO EX


Tutorial Menggambar Dengan Manga Studio Ex


Yap, seperti gambar di atas, tema kali ini adalah gambar Urban. Menurut beberapa seniman gambar Urban, gambar Urban itu adalah gambar-gambar real atau nyata, jadi gambar yang dihasilkan akan terlihat keras. Ada beberapa seniman gambar urban yang benar-benar memperhatikan detail gambarnya. Contohnya pas gambar tengkorak, dia bakalan memperhatikan detail ciri biologis tengkorak asli.

Yak, itu tadi sedikit penjelasan tentang gambar Urban. Di post kali ini aku bakalan ngebahas tentang cara menggambar dengan menggunakan Manga Studio Ex. Kenapa Manga Studio Ex? Lihat gambar dibawah ini


Klik gambarnya untuk zoom in

Brush Photoshop

Brush Manga Studio Ex

Jadi alasanya karna di Manga ada brush yang benar-benar..ummm... ya gitu lah kayak di gambar. Huehehehe
Oke langsung aja. Hal yang pertama kali biasa aku lakukan pas mau bikin gambar adalah buat sketsa. Aku biasa buat sketsa di kertas menggunakan pensil

Sketsa Pensil

Lalu baru tebelin pake drawing pen


Setelah di tebelin pake drawing pen

Abis itu baru scann, dan kemudian masukin ke Manga Studio Ex. Cara masukinnya tinggal drag aja.

Sketsa Asli

Gambar ini bakalan jadi sketsa. Jadi kita beri warna berbeda aja biar gak bikin bingung. Caranya:
Double klik pada layer yang baru kita masukkan tadi
Arahkan Display Colornya ke “color”


Lihat lingkaran merah

Otomatis gambar akan berubah warna menjadi biru.

Nah setelah ini baru kita gambar ulang. Usahakan saat menggambar ulang buat layer baru karna ini akan memudahkan kita jika terjadi kesalahan gambar. Ini juga memudahkan kita buat memisahkan sketsa asli (yang warna biru).
Cara buat layer baru cukup tekan CTRL + SHIFT + N . Atau kayak gambar dibawah ini


Disinilah kelebihan Manga Studio Ex, karna disini ada brush yang benar-benar lancip. 

Brush Manga Studio Ex lebih lancip


Sori, screen shotnya berantakan :D

Setelah udah slesai semua tinggal pisahkan sketsa asli (yang warna biru) dengan gambar yang baru aja kita buat. Caranya cukup klik gambar mata di samping layer

Lihat lingkaran merah

Dan jadinya seperti ini



Setelah itu tinggal save

Jadi gambar Tengkorak

Oke, sampai disini dulu tutorial menggambar dengan Manga Studio Ex. Kapan-kapan disambung lagi yaaa.. Thanks udah baca.
Oh ya, aku gak ada maksud buat menggurui ato apa, just for share ... 


sumber:
http://tutorial.yokoblog.com/

4 komentar:

BADAI - SAKURA mengatakan...

hay.................. sebelumnya salam perkenalan. panggil aja aku keiji... aku
aku bercita cita jadi comikus... tapi,,, ternyata menggambar ittu g segampang membacanya.... aku masih dalam tahap manual tapi cara belajarku otodidak.. sedangkan ideide cerita dah meluap luap. ahkirnya cuma jadi sebuah cerpen gak berguna .....


pa u punya info tentang comikus yang mau kerja sama dengan ku ...atau lebih tepatnya mau aku sumbangin iide ceritaku yang masih kacvau.....hehhehehehheh ^_____^

Unknown (Admin) mengatakan...

Hay, Bisa kenalan ? aku mau belajar cara blogging dari kamu boleh ? soalnya tipe blog kamu sama kaya tipe blog ku (girlie)

Fatkhur Makalah mengatakan...

ini gambar pake pentab atau mouse ya?
9KomiK

recute mengatakan...

Cara agar brushnya bisa lancip di manga studio 5 gimana yah? Soalnya waktu saya coba brushnya, ujungnya malah tumpul.
Makasih

Posting Komentar